Prosedur
Pendaftaran Bidik Misi 2013-Selain terdapat syarat
pendaftaran bidik misi tahun 2013, ada pula sedikit yang harus Anda ketahui terkait dengan Prosedur
pendaftaran Bidik Misi 2013.
Prosedur Pendaftaran
Beasiswa Bidik Misi tahun 2013 adalah
sebagai berikut :
PENDAFTARAN
BIDIKMISI :
Tahapan pendaftaran program Bidikmisi adalah sebagai berikut :
- Sekolah melakukan pendaftaran pada
laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/daftar dan ikuti petunjuk
pendaftaran yang tertera
- Sekolah
akan mendapatkan kode akses yang akan diverifikasi paling lama 1 x 24 jam
pada hari dan jam kerja.
- Sekolah
menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang sudah diverifikasi pada
laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/login
- Sekolah
mengisi data yang dibutuhkan mulai data unas, prestasi murid dalam
sekolah, daftar siswa yang akan lulus 2013 dan sudah lulus 2012 dan
merekomendasikan yang memenuhi persyaratan program Bidikmisi
- Siswa
mendaftar bidikmisi melalui
http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/siswa/login dan mengisi data sesuai
petunjuk di dalam sistem pendaftaran
- Siswa
yang sudah sampai pada tahapan memilih seleksi akan mendapatkan PIN yang
jika diminta dapat digunakan pada laman pendaftaran
seleksi masuk
Persiapan dokumen yang harus
disiapkan oleh masing masing pendaftar program Bidikmisi :
- Kartu dan formulir pendaftaran
program Bidikmisi yang bisa dicetak seusai ujian nasional di sistem pendaftaran
Bidikmisi
- Surat
keterangan miskin dari desa/kelurahan
setempat, dalam hal tidak memiliki akses terhadap desa/kelurahan bisa
diganti dengan surat keterangan dari rt/rw/tokoh masyarakat.
- Surat
keterangan gaji (khusus pegawai negeri/swasta) atau surat pernyataan dari
orang tua (khusus pegawai informal/wiraswasta) yang mencantumkan rata rata pendapatan selama 6 bulan terakhir dari ayah
dan ibu.
- Fotokopi
tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet, bukti pembayaran PBB bila ada
untuk 3 bulan terakhir. Dalam hal listrik, air dan internet dipakai bersama agar ditambahkan
surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan.
- Bukti
bukti prestasi yang dicantumkan dalam bentuk sertifikat / foto piala yang
mencantumkan nama dan diperkuat dengan surat keterangan dari
sekolah.
- Surat
keterangan / dokumen / ijasah dari kepada sekolah tentang kelulusan
jenjang pendidikan sebelumnya.
- Fotokopi
raport / laporan hasil studi dari semester 1
Semua dokumen tidak perlu
dikirimkan ke PT yang dilamar, hanya perlu dibawa pada saat pendaftaran
ulang
mahasiswa. Hal ini berlaku kecuali ditentukan lain oleh PT Terkait.
mahasiswa. Hal ini berlaku kecuali ditentukan lain oleh PT Terkait.
PENDAFTARAN SELEKSI
MASUK
Seusai mendaftar Bidikmisi, peminat harus mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi. Diantaranya SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Lokal (Mandiri). Pendaftar Bidikmisi agar mengikuti ketentuan dan prosedur yang ditetapkan oleh masing masing seleksi tersebut.
MENGIKUTI SELEKSI MASUK
Peserta yang sudah terdaftar akan diseleksi sesuai dengan ketentuan masing masing seleksi masuk, dan jika lulus seleksi masuk, dapat melakukan daftar ulang dengan ketentuan panitia seleksi masuk dan Bidikmisi
PENDAFTARAN ULANG PROGRAM BIDIKMISI
Peserta yang lulus seleksi masuk (SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri) agar membawa dokumen yang disyaratkan panitia seleksi masuk dan program Bidikmisi.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar